Cerita 1 Semester Mata Kuliah Aplikasi Komputer

Selamat pagi siang malam warga UNY,,,!!!

Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya selama mengikuti mata kuliah Aplikasi Komputer di Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta.

Ya, Saat ini saya sedang menempuh semester 2 prodi Ilmu Komunikasi UNY. Pada semester ini, tentunya saya saya mendapat mata kuliah aplikasi komputer. Mata kuliah ini dibimbing oleh salah satu dosen dari Fakultas Teknik UNY yaitu bapak Sigit Pambudi. Beliau merupakan sosok dosen yang cukup baik. Menyampaikan materi dengan gaya serius tapi santai, sehingga materi dapat dipahami oleh mahasiswa dengan cukup mudah dan cepat. Beliau juga sabar ketika ada mahasiswa yang belum memahami materi yang disampaikan, beliau dengan senang hati memberikan arahan kepada mahasiswa agar dapat memahami materinya tersebut.

Ada satu hal yang unik dari beliau, yaitu ketika ada mahasiswa yang tidak ataupun belum mengerjakan tugas yang diberikan, maka beliau akan memberikan hukuman kepada mahasiswa tersebut. berbeda dari hukuman seperti pada umumnya, mahasiswa yang tidak mengerjakan tugas justru disuruh untuk menyanyikan sebuah lagu di depan kelas. Hal ini tentu saja menjadi hiburan tersendiri bagi mahasiswa lainnya.

Dalam satu semester ini saya mendapat cukup banyak materi, diantaranya yaitu mengenai microsoft word, corel draw, hingga adobe flash. Dari kesemuanya, saya rasa dapat dipahami dengan mudah, karena sebelumnya mahasiswa telah diberi beberapa modul pembelajaran mengenai materi yang akan disampaikan. modulnya berisi langka-langkah ataupun petunjung menggunakan aplikasi komputer yang akan dipelajari. Tentunya hal ini sangat memudahkan mahasiswa untuk dapat memahami materi dengan cepat.

Gambar 1. Mesin Pencari Google

Pada pertemuan pertama pak Sigit memberikan materi mengenai cara efektif menggunakan mesin pencari di google.Mahasiswa diajarkan untuk dapat memanfaatkan mesin pencari google dengan efektif dan maksimal. pak Sigit mengajarkan trik-trik bagaimana agar mesin pencari dapat bekerja dengan maksimal serta dapat menampilkan hasil cari sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Pada pertemuan selanjutnya, pak Sigit memberikan materi mengenai panduan menyusun skripsi. mahasiswa diajarkan untuk menggunakan aplikasi indodic untuk mengoreksi hasil skripsi yang telah dibuat.aplikasi ini berguna untuk mengetahui apakah ada kesalahan ketik ataupun kesalahan penggunakan kata yang tidak sesuai dengan kamus besar bahasa indonesia. Apabila indodic telah dipasang di sebuah dokumen word, maka akan kelihatan jika ada kesalahan penulisan.

Gambar 2. Lembar Kerja CorelDraw

Materi selanjutnya yang diajarakan yaitu corel draw. pertama pak Sigit memperkenalkan fitur-fitur yang ada di aplikasi ini, mulai dari menu bar hingga tool-tool yang dapat digunakan di aplikasi ini.Dalam materi kali ini, mahasiswa di beri beberapa tugas, diantaranya yaitu membuat sebuah kartu nama dan sebuah logo.

Gambar 3. Contoh Logo

Gambar 4. Contoh Kartu Nama

Materi terakhir yang dipelajari yaitu aplikasi adobe flash. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat aniamsi. Materi ini mungkin materi paling susah jika dibandingkan dengan materi-materi sebelumnya. Cara pengoperasian aplikasi ini cukup rumit serta memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

pembelajaran pertama materi ini yaitu mahasiswa disuruh untuk membuat animasi berupa tetesan air di dalam sebuah gelas. Kemudian mahasiswa juga di suruh membuat animasi-animasi lainnya seperti balon udara yang terbang dan capung terbang yang mengepakkan sayapnya. dan tugas terakhir yang diberikan adalah membuat animasi mobil yang berjalan kemudian menabrak suatu benda.

Gambar 5. Contoh Animasi

Itulah perjalanan saya selama satu semester belajar aplikasi komputer, kesan senang selalu hadir setiap mata kuliah ini berlangsung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + = 22